-->

Penyambungan Listrik Gratis Untuk 1000 Warga Tidak Mampu


Listrik merupakan kebutuhan primer yang sangat penting bagi masyarakat kota maupun pedesaan. Dengan listrik semuanya lebih mudah dan lebih cepat. Saat ini rasio elektrifikasi di Jawa Tengah ada pada kisaran 97,9 persen, dan PLN terus berupaya meningkatkan nya melalui berbagai upaya salah satunya dengan penyambungan listrik gratis 1000 warga tidak mampu di 20 Desa yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B.

Data penerima bantuan listrik gratis diperoleh dari Basic Data Terpadu (BDT)Kementerian ESDM yang disurvei tahun 2016. Dari data tersebut dilakukan pengecekan ke lokasi apakah sudah terpasang listrik atau ekonominya sudah naik atau belum. Dari hasil pengecekan dibuat proposal pengajuan pemasangan listrik gratis oleh masing-masing desa.

Pemasangan listrik gratis tahap I sudah dilaksanakan pada November 2018 sebanyak 352 pelanggan di 4 Desa yaitu desa Tubanan, Bondo, Kaliaman dan Kancilan. Tahap II dilaksanakan pada bulan Desember 2018 sebanyak 176 pelanggan di 6 Desa, seperti desa Wedelan, Banjaragung, Srikandang, Papasan, Tanjung, dan desa Blingoh. Sementara sisanya akan dilaksanakan di semester I tahun 2019.

Dengan kegiatan pemasangan listrik gratis tersebut diharapkan akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan menambah rasio elektrifikasi serta mengurangi angka kemiskinan.
Salah satu contohnya pak Sumono, warga desa Bondo RT...RW 8. Pria 50 tahun ini mengaku sangat terbantu dengan adanya program ini. Dirinya bisa memilah rosok sampai malam, dimana sebelumnya dia hanya bisa memilah rosok disiang hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel