-->

Pelayanan PLN Gratis Online

 

PLN terus meningkatkan pelayanan bagi pelanggan dan calon pelanggan yang akan melakukan penyambungan baru listrik, penyambungan listrik sementara, atau perubahan daya listrik. Pelayanan PLN gratis, calon pelanggan dan pelanggan tidak dipungut biaya apapun dan bisa dilakukan kapanpun, dimanapun karena pelayanan PLN online. 

Pelanggan bisa langsung kunjungi website resmi PLN atau klik tautan berikut https://layanan.pln.co.id/ pilih menu yang tersedia.

Layanan Permohonan penyambungan Baru Listrik

Sebelum melakukan permohonan penyambungan baru calon pelanggan diminta untuk membaca semua syarat dan ketentuan yang ada, mulai dari ketentuan umum, ketentuan teknis, biaya penyambungan lisrik, pengukuran dan pembatasan tenaga listrik, kewajiban dan hak pelanggan maupun PLN, apa saja yang dilarang atau tidak boleh dilakukan oleh pelanggan, hingga sanksi bagi pelanggan yang melakukan pelanggaran. 

Jika sudah paham dengan syarat dan ketentuan yang ada silahkan klik setuju untuk melanjutkan proses permohonan. Kemudian akan muncul informasi berikut; 

-Syarat dan Ketentuan ini akan menjadi Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik antara PLN dengan Pelanggan.
- UU No. 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan Pasal 16 Ayat 2 : "Usaha jasa penunjang tenaga listrik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan oleh badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, badan usaha swasta, dan koperasi yang memiliki sertifikasi, klasifikasi, dan kualifikasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan"
-UU No. 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan Pasal 44 Ayat 4 : "Setiap instalasi tenaga listrik yang beroperasi wajib memiliki Sertifikasi Laik Operasi"
-Instalasi Listrik Dipasang Oleh Badan Usaha yang Memiliki Sertifikat Badan Usaha

Selanjutnya calon pelanggan diminta untuk mengisi data pelanggan seperti nama, alamat, nomor identitas, NPWP, produk layanan, peruntukan dan daya yang dipasang. Serta mengisi data pemohon. 

Layanan Permohonan Penyambungan Listrik Sementara 

Bagi pelanggan yang membutuhkan daya lebih karena adanya kegiatan, acara, resepsi pernikahan, atau yang lain, pelanggan bisa mengajukan permohonan penyambungan listrik sementara dengan mengisi nama, alamat, ID pelanggan, daya yang dibutuhkan, tanggal mulai dan tanggal selesai kegiatan. 

Layanan permohonan perubahan daya listrik 

Seiring dengan meningkatnya ekonomi, pelanggan biasanya mulai menambah perabot atau peralatan listrik sehingga listrik dirumah sering jeglek. Solusinya adalah dengan tambah daya listrik. Pelanggan bisa melakukan permohonan perubahan daya listrik secara online. Setelah membaca semua syarat dan ketentuan yang ada, pelanggan diminta melengkapi data pelanggan dan data pemohon, serta memilih daya listrik yang akan dipasang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel