Reorganisasi PLN 2018 Dilakukan untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan
19.32
Reorganisasi PLN 2018 dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan denganpenggantian pejabat dan mutasi tanpa harus dilakukan perubahan organisasi. Perubahan dilakukan dengan penyelarasan terhadap strategi dan dihindarkan adanya tumpang tindah pengelolaan proses bisnis.
Reorganisasi perusahaan diawali dari pemetaan peran dan penyelarasan antara strategi korporat dengan kebutuhan organisasi berdasarkan proses bisnis dan RASCI untuk fungsi Korporat, Bisnis Regional dan Unit. Perubahan Organisasi dilakukan dengan dipetakan matrix aktivitas dan responsibility serta digambarkan dalam proses bisnis korporat dengan proses bisnis regional sehingga tidak terjadi tumpang tindih antara Fungsi Korporat, Bisnis Regional dan Unit.
Mengapa Reorganisasi Diperlukan?
Perubahan organisasi diperlukan karena dinamika & tantangan perusahaan, perubahan strategi bisnis, harapan stakeholders dan keberlanjutan perusahaan, bukan karena pemangku jabatan yang tidak efektif.
Perubahan apa yang terjadi di reorganisasi PLN?
Perubahan yang terjadi di Organisasi PLN pada Oktober 2018, yaitu :
- Penyebutan Nama Organisasi Unit Induk, Pusat-pusat, Unit Pelaksana, dan Unit Layanan di PLN
- Penyebutan Nama Jabatan Struktural di PLN
- Struktur Organisasi dan Formasi Jabatan di PLN Kantor Pusat
- Struktur Organisasi dan Formasi Jabatan di Unit-Unit yang ada di PLN