-->

PLN Batubara Niaga Kirim Perdana Batu Bara ke PLTU Jawa-7


PT PLN Batubara Niaga merupakan salah satu anak usaha dari PT PLN Batubara yang fokus dalam melakukan trading batu bara untuk menyuplai ke PLTU milik pengembang listrik swsata (independent power producer).

PT PLN Batubara Niaga melakukan pengiriman perdana batu bara ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa-7 di Cilegon, Banten pada 1 September 2020 dan pembongkaran dimulai pada Sabtu, 5 September 2020.

Pada kesempatan tersebut Direksi PLN Batubara dan PLN Batubara Niaga melakukan peninjauan ke area jetty PLTU Jawa 7 dan vessel batubara. PLTU Jawa-7 Unit 2 memiliki kapasitas 1.000 megawatt (MW). Konstruksi PLTU Jawa-7 Unit 2 dimulai pada September 2016 dan ditargetkan beroperasi secara komersial (commercial operate date/COD) pada tahun ini. Sementara untuk, PLTU Jawa-7 Unit 1 berkapasitas 1.000 MW telah beroperasi sejak 13 Desember 2019 lalu.

PLTU Jawa-7 bernilai strategis karena merupakan PLTU terbesar pertama di Indonesia dan memakai teknologi baru ultra super critical boiler dengan bahan bakar batu bara kalori rendah, yakni 4.000-4.600 kkal/kg AR. Teknologi pembangkit tersebut dipilih karena memiliki efisiensi yang tinggi dan lebih ramah lingkungan dan baru pertama di Indonesia.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel