-->

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, PJB Adakan Pelatihan Desa Berdaya

 

Belum banyak yang tahu kalau hewan berlendir yang bagi kebanyakan orang menjijikan ini memiliki potensi bisnis yang menjanjikan. Ya, budidaya cacing sangat memungkinkan untuk dikembangkan di tengah situasi pandemi COVID-19 yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan masih belum jelas akhir ceritanya. 
 
Melihat peluang ini, PT PJB UBJOM PLTU Tenayan melaksanakan Pelatihan Desa Berdaya berupa program Pelatihan Budidaya Cacing untuk warga Kelurahan Industri Tenayan. Pelatihan dilakukan pada Rabu (2/12) dan dikuti oleh 20 orang peserta . Tempatnya di pelataran kandang tempat budidaya cacing Kelompok Muda Jaya Organik, binaan CSR PT PJB PLTU Tenayan. 
 
Pelatihan ini merupakan bagian dari Rencana Kerja Program CSR PT PJB PLTU Tenayan Tahun 2020, yakni Program Pelatihan Desa Berdaya. Tujan pelatihan menurut Manajer Administrasi PT PJB UBJOM PLTU Tenayan Adityo Baskoro Widagdo, ditujukan untuk menambah pengetahuan serta keterampilan warga Kelurahan Industri Tenayan. Selepas pelatihan mereka diharapkan bisa memanfaatkan ilmu yang didapatkan untuk memulai berbisnis cacing.
 
“Selama pelatihan, kami akan melihat sekaligus menilai siapa warga yang benar benar fokus dan berpotensi. Jika suatu waktu kami membuka kesempatan untuk menambah anggota kelompok binaan CSR kami, tentunya dari sebahagian peserta pelatihan ini akan menjadi rekomandasi bagi kami” kata Adityo.
 
Adityo berharap pelatihan dapat mengubah pola pikir masyarakat tentang cacing. Selain itu peserta juga bisa mendapatkan ilmu, semangat dan manfaat yang telah dirasakan oleh kelompok binaan CSR PT PJB PLTU Tenayan Muda Jaya Organik. 
 
“Semoga ke depan, lebih banyak lagi warga di kelurahan Industri Tenayan mengikuti jejak sukses Muda Jaya Organik. Mohon doanya agar PLTU Tenayan terus beroperasi dengan lancar sehingga kami dapat mengadakan program CSR yang lebih banyak lagi dan Insya Allah membawa banyak manfaat bagi lingkungan sekitar,” pungkas Adityo.
 
Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Dinas Pertanian& Perikanan Kota Pekanbaru drh.M. Firdaus, MSi dengan ditandai pengalungan tanda peserta oleh Sekdis dan Camat Tenayan Raya Indah Vidya Astuti kepada perwakilan peserta. Dilakukan juga penyerahan perlengkapan pelatihan oleh Manajer Administrasi UBJOM Tenayan kepada perwakilan peserta. Selaian Sekdis dan Camat, pembukaan pelatihan juga dihadiri oleh Lurah Industri Tenayan MS. Chandra, Danposramil Kecamatan Tenayan Raya serta Bhabinkamtibmas Kelurahan Industri Tenayan.
 
Materi pelatihan diawali dengan oleh presentasi yang memukau dari Fahrul Azis, narasumber yang merupakan ketua kelompok Muda Jaya Organik. Banyak ilmu dibagikan oleh Azis yang telah memulai lebih dulu bisnis cacing di kampungnya. Ia memaparkan pengetahuan dasar tentang cacing, hingga lini bisnis yang bisa dijangkau hewan menjijikkan ini. Tidak hanya sekedar presentasi saja, peserta juga dibekali dengan praktik dan demostrasi secara langsung. Hal ini dimaksudkan agar para peserta lebih mudah memahami materi pelatihan.
 
Selama pelatihan, seluruh peserta dihimbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan tidak lupa menerapkan 3 M: Menggunakan masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak.
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel