-->

Untuk Mendukung Pengembangan Pariwisata di NTB, Kabel Laut PLN di Tambah


PLN kembali menambah kabel laut ke Kawasan Tiga Gili, penambahan kabel laut PLN tersebut bertujuan untuk mendukung pengembangan pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat seperti Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan.

"Listrik merupakan faktor penting dalam mendukung kemajuan pariwisata, Kawasan Tiga Gili ini merupakan destinasi favorit wisatawan. Kebutuhan listriknya terus meningkat, untuk antisipasi maka kita siapkan listriknya dengan penambahan kabel laut," terang General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Rudi Purnomoloka.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi NTB jumlah wisatawan yang berkunjung pada tahun 2017 mencapai 3,5 juta wisatawan. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2016 yang hanya sejumlah 3,2 juta wisatawan. Bagi wisatawan asing, kawasan Tiga Gili menjadi destinasi utama NTB. Dinas Pariwisata NTB menargetkan jumlah kunjungan wisatawan tahun 2018 ini mencapai 4 juta wisatawan.

"Penambahan kapasitas listrik dilakukan dengan menambah dua buah kabel laut 20 kiloVolt (kV) masing-masing panjangnya 4,7 kilometer sirkuit (kms) yang menghubungkan Pulau Lombok dengan Kawasan Tiga Gili. Sebelumnya PLN juga telah memasang dua buah kabel laut 20 kV sepanjang 9,4 kms untuk melistriki kawasan tersebut ditambah Gardu Induk Tanjung yang dapat meningkatkan kapasitas daya listrik dari 16 MW menjadi 36 MW," Jelas Rudi

"Pembangunan kabel laut tambahan untuk Kawasan Tiga Gili ini direncanakan selesai pada Desember 2018 dan akan beroperasi pada Januari 2019 mendatang." tutup Rudi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel