-->

Listrik Gratis Dari PLN Untuk Pulau Terdepan Indonesia


   Pulau Liran adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Wetar dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupatem Maluku Barat Daya, Provisi Maluku. Pulau yang indah ini berada di sebelah utara Timor Leste dengan titik koordinat 8° 3′ 50″ LS, 125° 44′ 0″ BT.

   Pulau Liran merupakan salah satu diantara empat pulau di Kecamatan Wetar, lokasinya cukup terpencil dengan jumlah penduduk sekitar 1.118 jiwa atau 236 KK. Saat ini jumlah pelanggan PLN di Pulau Liran 211 pelanggan (kepala keluarga) dengan potensi tambahan sebanyak 25 pelanggan dimana keseluruhan pelanggan tersebut merupakan pelanggan 450 VA bersubsidi.

  Seluruh pasokan listrik di Pulau terdepan Indonesia tersebut berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan daya terpasang 300 kW dan rata-rata Biaya Pokok Produksi (BPP) di Pualau tersebut sebesar 11.182 Rp/kWh.

  Sebelumnya PLN juga telah membangun infrastruktur kelistrikan di Pulau Liran dengan total biaya lebih dari Rp.12 miyar. Hal ini dilakukan untuk memberikan tambahan infrastuktur kelistrikan di pulau tersebut, agar warga bisa menikmati listrik degan lebih handal dan nyaman.

  Dalam rangkaian acara BUMN hadir untuk Negeri yang menjadi wujud keseriusan PLN sebagai bagian dari BUMN untuk memberikan penerangan hingga pelosok Nusantara. PLN memberikan bantuan pemasangan listrik gratis untuk 130 rumah, sekolahdan Lampu Penerangan Jlan (LPJ) senilai lebih dari Rp.450 juta.

  Penyerahan bantuan dan simbolisasi penyalaan listrik dilakukan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Direktur Utama PLN Sofyan Basir dan Direktur Bisnis Regional Maluku Papua PLN Ahmad Rofiq di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 7 Liran, Pulau Liran, Maluku (7/8).


  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel