-->

Cara Pengaduan Gangguan PLN Lewat WhatsApp

 


Saya masih ingat betul, sekitar tahun 2000 jika listrik dikampung mengalami gangguan butuh waktu berjam jam untuk penanganannya. Warga harus harus datang ke kantor pelayanan PLN yang jaraknya lumayan jauh atau menghubungi lewat telepon sedangkan saat itu masih sedikit warga dikamung saya yang memiliki handphone. 

Seiring dengan berjalanannya waktu dan kemajuan teknologi kini pelanggan bisa lapor pengaduan gangguan PLN lewat WhatsApp. Pelanggan cukup chat ke nomor whatsapp PLN 0812 2123 123 lalu ketik Pengaduan Gangguan PLN. Sistem akan membalas secara otomatis seperti dibawah ini. 

Halo Electrizen! Saat ini kamu terhubung dengan PLN 123, virtual customer service PLN 123. Ada yang bisa PLN 123 bantu?

Silakan ketik informasi yang ingin kamu ketahui, ketik:

1 - Stimulus Covid19

2 - Baca Meter Mandiri (pascabayar)

3 - Info Pasang Baru Perubahan Daya

4 - Info seputar prabayar

5 - Info Gangguan Penyaluran Tenaga Listrik

6 - Info Instalasi Listrik

7 - Info seputar Rekening

8 - info Penerangan Jalan Umum

9 - Info Contact Center PLN 123

10 - Info Catat Meter

11 - Info Pemutusan dan Penyambungan

12 - Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik

13 - Info seputar Invoice

14 - Info seputar New PLN Mobile

15 - Info seputar Diskon Tarif

Semua layanan ini dapat digunakan di Aplikasi PLN Mobile. Agar Semua Makin Mudah, segera download Aplikasi PLN Mobile melalui link berikut:

Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.icon.pln123

IOS: https://apps.apple.com/nz/app/pln-mobile/id1299581030

Hotline PLN (kode area) 123

Jika Anda pilih No 5, maka sistem akan kembali membalas secara otomatis seperti ini 

Silakan ketik informasi yang ingin kamu ketahui:

Contoh ketik 1 untuk informasi jika kabel listrik PLN terbakar

1. Apa yang harus dilakukan jika kabel listrik PLN terbakar atau mengeluarkan percikan api?

2. Apa yang harus dilakukan jika tiang listrik bertegangan arus (Nyetrum)/kabel PLN putus atau kendur?

3. Kenapa MCB di kWh meter saya sering turun / Off tibatiba ?

4. Apakah penggantian MCB ada biayanya?

5. Mengapa ada pemadaman yang hanya sebagian wilayah saja (hanya beberapa bangunan saja) ?

6. Apakah pelanggan bisa pindah jaringan karena diwilayahnya sering padam?

7. Bagaimana penanganan gangguan korsleting pada instalasi milik pelanggan ?

8. Bagaimana cara melakukan pengamanan listrik saat terjadi banjir atau kebakaran?

9. Banjir sudah surut namun listrik masih padam apa penyebabnya?

10. Bagaimana prosedur penormalan listrik paska banjir ?

11. Apakah PLN akan memberikan kompensasi untuk gangguan rumah padam akibat banjir?

12. Apakah PLN akan memberikan kompensasi untuk gangguan banyak rumah padam?

Dan seterusnya, meski ini cukup membantu tapi ada yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Setelah download aplikasi PLN Mobile silahkan pilih menu pengaduan, pilih 1 dari 3 pilihan jenis gangguan, masukan ID pelanggan/ nomor meter atau bahkan tanpa ID pelanggan, konfirmasi tagging koordinat lokasi gangguan, lengkapi data mulai dari pemilihan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan, lampirkan foto kejadian (bila ada) dan input deskripsi laporan, selanjutnya pilih kirim pengaduan. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel