Tingkatkan Keandalan Jaringan, PLN Laksanakan Bhakti PDKB
23.16
PLN terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan melakukan langkah - langkah perbaikan dan peningkatan kehandalan jaringan listrik.
Upaya tersebut salah satunya diwujudkan dengan menyelenggarakan Bhakti Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) pada 14 – 15 Februari 2022 yang diikuti oleh seluruh tim PDKB dari seluruh unit yang ada di wilayah kerja UID Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta yang berjumlah 135 orang.
PDKB sendiri merupakan pasukan elit atau khusus yang dimiliki PLN yang bekerja mengatasi masalah kelistrikan dengan aliran listrik tetap menyala.
Kegiatan Bhakti PDKB diawali dengan Apel yang dilaksanan di Lapangan Islamic Center Brebes. Bertindak selaku pembina apel, Manager UP3 Tegal, Suparje Wardiyono. Dalam sambutannya ia menyampaikan harapannya akan kegiatan ini yakni perkuatan kehandalan pada jaringan.
“Pemeliharaan dilakukan untuk mengantisipasi potensi-potensi gangguan, (juga) merupakan salah satu penanganan preventif dalam menghaadapi musim penghujan dan meningkatkan keandalan jaringan dengan pemeliharaan PDKB mengurangi padam saat pemeliharaan” tuturnya.
Setelah apel, 135 personil yang terbagi atas 14 tim langsung menyebar ke titik - titik pemeliharaan di penyulang BBS01 yang menyuplai wilayah Kota dan VIP dengan jumlah pelanggan sebanyak 146.848 pelanggan.
Pemeliharaan yang dilakukan diantaranya adalah penggantian jumper trafo, penggantian jumper pada konstruksi, penggantian isolator suspension, penggantian isolator tumpu, penggantian isolator double dan perbaikan konduktor serta pemasangan penghalang binatang.
Kegiatan pemeliharaan yang dilaksanakan selama dua hari ini berkontribusi pada saving kWh sebesar 244.237,98 kWh.
Dalam melaksanakan pekerjaan, Suparje juga mengingatkan akan penerapan protokol kesehatan mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang terus meningkat.
“Dengan kondisi saat ini rekan - rekan PDKB agar tetap menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi dalam kegiatan Bhakti PDKB” tutupnya.
Kegiatan Bakti PDKB ini merupakan wujud nyata dari komitmen PLN dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan dan juga selaras dengan semangat transformasi salah satunya fokus pada kebutuhan pelanggan.