-->

Cara Mengakali Listrik Prabayar Supaya Hemat


Saat survei untuk pemasangan listrik gratis masyarakat tidak mampu, salah seorang pelanggan menanyakan kenapa tagihan listriknya besar atau banyak, bagaimana caranya supaya hemat?

"Besar atau banyaknya tagihan listrik jelas karena besar atau banyaknya lampu dan perangkat yang digunakan, perangkat elektronik apa saja yang ada dirumah bapak, TV, kulkas, AC dan lainnya ?" tanya saya.

"Ya, semua perangkat itu ada dirumah saya, tapi tidak sebesar itu lah tagihannya?" tambah si bapak.

Ada banyak penyebab tagihan listrik besar atau membengkak, selain boros pemakaian listrik, banyaknya perangkat yang digunakan, tidak menggunakan lampu atau elektronik hemat energy, tidak mematikan atau mencabut stop kontak jika sudah tidak digunakan, pemakaian kabel yang tidak standar. dan masih banyak lainnya.

Dan benar saja ternyata bapak tersebut menggunakan kabel yang tidak standar. Hemat listrik bukan hanya saat penggunaanya atau pemilihan jenis lampu dan perangkat elektronik tapi harus dimulai dari instalasi. Penggunaan kabel tidak standar bisa bikin listrik boros, menyebabkan kebakaran, dan kebocoran arus listrik.

Cara Mengakali Listrik Prabayar Supaya Hemat

Seperti dijelaskan diatas, supaya listrik prabayar hemat bisa dimulai dari instalasinya, pemilihan lampu atau perangkat elektronik hemat energy, bijak menggunakan listrik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel